Sabtu, 11 Juni 2011

TERTIB BERLALU LINTAS

PENTINGNYA TERTIB BERLALU LINTAS UNTUK KEAMANAN, KENYAMANAN, DAN KETERTIBAN DI JALAN

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di jaman modern sekarang ini banyak sekali teknologi yang ditemukan dan diciptakan oleh ilmuan-ilmuan. Berbagi macam teknologi dipasarkan secara luas kepada masyarakat. Semakin berkembang pesatnya teknologi, harganya pun ikut berubah dan semakin terjangkau oleh masyarakat. Salah satunya contohnya adalah kendaraan bermotor. Selain harganya terjangkau oleh masyarakat, dengan berbagai penawaran yang menarik dan mudah oleh dealer kendaraan semakin mudah mayarakat mendapatkan kendaraan bermotor yang sesuai atau dengan yang diinginkan. Dan sekarang ini banyak sekai yang kendaraan yang ditawarkan oleh dealer mulai dari model atau jenis kendaraan yang sangat menarik perhatian dan minat masyarakat, sehingga sering dan banyak masyarakat yang bergati-ganti kendaraan. Bahkan setiap orang ada yang memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor. Tidak hanya di kota saja, namun sudah mencapai daerah desa-desa kendaraan bermotor tertebaran. Dengan kendaraan ini, masyarakat dipermudah untuk dapat berpergian kemana saja dan kapan saja. Semakin bertambah pesatnya pengetahuan dengan mudahnya masyarakat menggunakan kendaraan bermotor.

Kendaraan bermotor saat ini bertambah dengan pesat jumlahnya seiring dengan berjalannya waktu. Dalam berlalu lintas ada suatuperaturan undang-ungdang mengenai berkendara di jalan. Hal tersebutlah yang perlu diperhatikan dan ditaati oleh masyarakat selaku pengguna jalan. Dengan adanya peraturan lalu lintas, diharapkan masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas dengan tertib sesuai undang-undang yang berlaku. Dengan hidup tertib, semuanya terasa nyaman menjalaninya.

Bertambah banyaknya kendaraan bermotor saat ini khususnnya roda dua tidak seimbang dengan berkembangnya sarana lalu lintas yang ada. Serta kurangnya kepatuhan masyarakat terhadap peraturan masih sangatlah kurang. Dengan demikian mengakibatkan persoalan-persoalan terjadi di jalanan. Dan juga kesadaran masyarakat tentang lalu lintas mengakibatkan adanya banyak pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat dengan sengaja maupun tidak sengaja. Permasalahan inilah yang harus diperbaiki baik oleh pihak yang berwenang dan oleh masyarakat itu sendiri memperbaikinya secara bersama.

Dengan adanya perbaikan, maka akan tercipta lalu lintas yang baik. Dengan kesadaran dan pemahaman bersama dalam berkendara, maka secara otomatis akan terciptanya ketertiban. Dengan ketertiban inilah akan tercipta keamanan dan kenyamanan yang dirasakan oleh semua pihak.

Permasalahan

Secara tidak langsung semua itu akan memunculkan banyak sekali permasalahan-permasalahan. Semua permasalahan itu juga harus diselesaikan tidak hanya oleh salah satu pihak. Namun semua pihak juga harus turut andil dalam menyelesaikan permasalahn-permaslahan yang ada dalam berlalu lintas di jalan. Karena semua pihak yang menggunakan jasa lalu lintas yang ada. Dari berbagi permasalahan yang ada dalam lalu lintas, permasalahan yang muncul dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang memadai namun juga muncul dikarenakan dari pengendara atau pengguna jalan itu sendiri. Dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai, semakin menambah permasalahan yang dimunculkan oleh pengendara atau pengguna jalan. Dengan bertambah banyaknya kendaraan bermotor itu pun juga menambah permasalahan yang ada dalam berlalu lintas. Karena tidak seimbangnya antara sarana dan prasarana lalu lintas dengan bertambahnya kendaraan bermotor.

Permasalahan-permasalahan yang muncul karena sarana dan prasarana yang kurang baik diantaranya: (1)jalanan yang sempit, jalanan yang rusak, lampu merah yang mati, rambu-rambu lalu lintas baik rusak atau tidak ada, batas jalan yang tidak jelas, dan masih banyak lagi yang tidak disebutkan. Dan dari masyarakat sendiri, permasalahan yang serin muncul dikarenakan kurang sadarnya untuk mematuhi peraturan lalu lintas, misalnya: menerobos lampu merah atau rambu-rambu lalu tidak mengenakan helm atau alat keamanan dalam berkendara, tidak membawaatau mempunyai SIM, dan masih banyak lagi.

Semua permasalahan yang ada saat ini masih belum terselesaikan. Namun seiring majunya dan berkembangnya kualitas pendidikan saat ini di kalangan luas sudah mulai sedikit demi sedikit mengurangi permasalahan ketertiban lalu lintas dan atas perannya petugas yang semakin baik juga mengurangi permasalahan yang ada. Tetapi masih diperlukan upaya yang lebih mengenai penertiban lalu lintas yang semakin padat dengan kendaraan.

Rumusan Masalah

1. Apa penyebab munculnya permasalahan mengenai ketertiban berlalu lintas di jalan?

2. Bagaimana hubungan antara permasalahan, pelanggaran-pelanggaran, dan akibat yang ditimbulkan mengenai ketertiban berlalu lintas di jalan?

3. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan?

4. Upaya apa yang dilakukan untuk menghindari agar terciptanya ketertiban berlalu lintas di jalan?

5. Apa manfaat yang diperoleh dengan tertib lalu lintas?

PEMBAHASAN

Di jaman ini teknologi berkembang dengan pesat. Semakin banyak sarana dan prasarana yang ada unutk menunjang kebutuhan masyarakat beraktifitas sehari-hari. Diantaranya sarana-sarana yang ada salah satunya adalah sarana transportasi. Sarana transportasi baik pribadi maupun umum. Pada mulanya, banyak sekali masyarakat menggunakan transportasi umum. Jasa transportasi umum ini sangat membantu sekali bagi semua kalangan. Dengan bertambahnya penduduk yang semakin pesat mengakibatkan transportasi umum terkadang tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekarang ini. Dengan bertambahnya waktu, dengan perekonomian yang semakin baik, masyarakat mulai mencari solusi untuk mengatasi hal ini. Hal ini ditambah dengan semakin terjangkaunya sarana kendaraan pribadi, khususnya kendaraan roda dua. Bahkan tidak hanya satu kendaraan roda dua yang dimiliki masing-masing orang, namun memiliki lebih dari satu kendaraan roda dua. Sedangkan pemilikan kendaraan roda empat yang juga bertambah memang tidak terlalu banyak seperti kendaraan roda dua, namun juga terasa perubahan yang di jalanan. Seiring dengan banyaknya kendaraan, jalanan semakin padat dan ramai membuat jalanan menjadi sempit. Dari hal inilah permasalahan-permasalahan mengenai ketertiban berlalu lintas mulai muncul. Permasalahan-permasalahan yang muncul ini saling berkaitan sehingga semakin banyaknya permasalahan yang ada dalam lalu lintas. Permasalahan yang muncul dari kepadatan jalan ini mengakibatkan terjadinya kemacetan. Dari kemacetan, muncullah permasalahan yang lain. Masyarakat semakin tidak sabar karena dikerjar dengan pekerjaan atau hal-hal lain. Maka terjadilah berbagai pelanggaran ketertiban lalu lintas.

Permasalahan yang ada memunculkan pelanggaran peraturan lalu lintas. Pelanggaran-pelanggaran yang muncul dalam lalu lintas yaitu mengenai pelanggaran peraturan lalu lintas. Pelanggaran tersebut diantaranyaadalah pelanggaran menerobos lampu merah, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan lain sebagainya. Pelanggaran tersebutlah yang sering terlihat secara langsung di jalan. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurangnya sadar mengenai tertib berlalu lintas. Dengan terjadinya pelanggaran tersebut, memicu masyarakat lain untuk juga melanggar peraturan yang ada. Dengan kurangnya penjagaan oleh petugas yang berwenang menambah pula pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di jalan. Selain itu, dengan cara berkendara yang tidak benar, seperti kebut-kebutan di jalan dan ugal-ugalan saat berkendara juga menambah daftar pelanggaran yang terjadi mengenai ketertiban lalu lintas dan juga menimbulkan permasalahn yang lain. Ditambah dengan kondisi jalan yang tidak baik serta tidak adanya rambu-rambu peringatan di jalan mengakibatkan sering timbulnya kecelakaan kendaraan. Inilah yang sering terjadi di jalan. Diberbagi daerah tertentu sering terjadi kecelakaan. Selain disebabkan pengendara yang tidak patuh dengan peraturan lalu lintas, juga dikarenakan sarana prasarana jalan yang kurang. Dengan terjadinya pelanggaran lalu lintas dan dengan tidak tertibnya pengendara mematuhi rambu-rambu lalu lintas, kecelakaan sewaktu-waktu dapat terjadi dan tidak terhindarkan. Kecelakaan akan selalu terjagi jika masih ada pelanggaran-pelanggaran yang terjagi mengenai ketertiban berlalu lintas di jalan. Ditambah dengan penerangan jalan yang sangat minim bahkan banyak sekali tempat sepi yang tidak ada penerangan sama sekali. Terlebih di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Ini terlihat sangat membahayakan para pengguna jalan. Selain itu, banyak pula pengendara yang tidak mempunyai SIM. Dengan demikian menambah daftar kecelakaan yang ada. Dan pelanggaran lalu lintas yang sering terlihat dan sering terjadi yaitu di daerah pedesaan. Dikarenakan sangat minimnya sarana dan prasarana yang mendukung untuk tertib berlalulintas di jalan. Pelanggaran tidak hanya dilakukan oleh remaja, namun juga orang tua. Dari segi ini, selaku orang tua tidak memberi contoh yang baik kepada yang lebih muda dan terkadang membiarkan anak-anaknya saat tidak tertib berlalu lintas dengan tidak memberi teguran untuk mengenakan perlengkapan sesuai dengna peraturan lalu lintas yang baik dan benar. Dengan demikian, permasalahan tidak akan selesai-selesai dan akan terus berkelanjutan. Selain kendaraan pribadi, kendaraan umum pun juga sering melanggar tata tertib berlalu lintas di jalan. Dan juga kurang tegasnya aparat dalam bertindak secara langsung, hal ini semakin menambah daftar pelanggaran tata tertrib lalu lintas.

Dari berbagai permasalahan yang muncul, semuanya berkaitan. Dengan adanya penanggulangan permasalahan yang ada sangat mempengaruhi semuanya. Pembenahan ini perlu dukungan penuh dari masyarakat selaku pengguna jalan. Pembenahan ini memang memerlukan dana yang besar. Jadi tidak mungkin semuanya secara bersamaan dibenahi. Diperlukan tahap demi tahap secara kontinyu. Dari sarana dan prasarana jalan, yang perlu dibenahi pertama yang mudah yaitu dengan memperbaiki kondisi jalanan yang rusak. Kemudian dapat dilanjutkan dengan memperbaiki rambu-rambu lalu lintas yang rusak dan menambah rambu-rambu pada tempat tertentu yang dirasa sangat penting. Kemudian dilakukannya pelebaran jalan pada jalan yang sering terajadi kemacetan dan pada jalan utama yang sering dilewati oleh pengendara. Dan juga menambah jumlah aparat yang bertugas untuk mengawasi tata tertib jalan di sepanjang jalan dapat dilakukan dengan stand by di pinggir jalan dengan jarak tertentu yang dirasa tidak jauh antara satu dengan yang lainnya. Sehingga jika terjadi misalnya kecelakaan atau terjadi pelanggaran-pelanggaran segera dapat diketahui dan segera ditangani. Hal demikian, secara otomatis pengguan jalan akan lebih patuh dengan peraturan tata tertib berkendara. Dan disaat terjadi pelanggaran diharapkan aparat dapat bertindak dengan tegas sesuai peraturan yang berlaku. Aparat harus dapat meyakinkan masyarakat selaku pengguna jalan bahwa aparat bertinda dengan benar sesuai peraturan serta jujur. Dengan percayanya masyarakat, maka saat terjadi penindakan masyarakat pun akan mematuhi dan tidak akan melakukan “perlawanan”. Hal demikian semua pihak merasa aman dan nyaman tidak ada perselisihan yang terjadi. Inilah yang diharapkan oleh semua pihak. Serta perlu juga dengan perbaikan sistem lalu lintas dengan komputer. Hal ini sangat memudahkan dalam bertindak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian permasalahan-permasalahan yang muncul dapat terdetekdi serta dapat terpantau dengan muadaah. Sehingga segera dapat dilakukan penanggulangan jika terjadi permasalahan di jalan.

Permasalahan-permasalahan yang ada tidak diharapkan oleh semua pihak. Maka, sebelum muncul permasalahan alangkah bagusnya dilakukan upaya-upaya untuk menghindari munculnya masalah. Dari banyaknya masalah yang ada, paling penting adalah menanamkan rasa kesadaran dalam berlalu lintas. Dengan kesadaran dalam berlalu lintas dapat mengurangi dari banyakya masalah yang ada. Bahkan permaslahan itupun mungkin tidak akan ditemui. Tetapi, untuk saat ini banyak sekali pengguna jalan yang tidak mengetahui pentingnya tertib lalu lintas. Selain dikarenakan tidak adanya pendidikan mengenai tata tertib lalu lintas, juga kurangnya pengetahuan di masyarakat dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Untuk mengatasi hal tersebu, alangkah baiknya pembinaan dan pembimbingan mengenai tata tertib serta keamanan dalam berlalu lintas sejak dini. Pertama-tama dapat dilakukan dari pihak orang tua masing-masing, kemudian dapat pula dimasukkan dalam pelajaran disekolahan. Dengan demikian akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara serta mengetahui pentingnya keselamatan. Cara demikianlah yang dirasa sangat dan paling efektif untuk menghindari pelanggaran lalu lintas dan akan muncul suasana yang diaharapkan semua pihak yaitu ketertiban berlalu lintas.

Banyak sekali hal-hal yang didapat dari ketertiban berlalu lintas. Pembenahan yang dilakukan tidak hanya satu pihak, namun semua pihak. Dan jug dengan berkembang pesatnya kemajuan teknologi, dapat pula dimanfaatkan untuk menunjang sarana dan prasarana yang ada. Sehingga memudahkan dalam mengawasi situasi lalu lintas yang ada serta memudahkan pemantauan. Serta pelayanan pun dapat pula menggunakan sistem komputerisasi. Dengan demikian dapat lebif efisien. Dan dengan terciptanya ketertiban, maka semua penggguna akan merasakan dampak yang positif dengan tertib lalu lintas. Dengan tertib dalam berkendara di jalan, maka permasalahan yang muncul dapat ditekan sebanyak mungkin. Sehingga tidak terasa bahwa ada suatu permasalahan di jalan. Serta saat sedang berkendara, pengendara akan terasa aman dan nyaman mengendarai kendaraan masing-masing. Kondisi lalu lintas juga merupakan cermin dari kehidupan suatu bangsa. Jika lalu lintas berantakan dapat mencermikan bangsa yang serabutan. Namun dengan lalu lintas yang tertib mencerminkan bangsa yang maju dan berpendidikan serta beradap.

PENUTUP

Banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi di jalanan. Dan juga banyak faktor-faktor yang menyebabkan munculnya pelanggaran ketertiban berlalu lintas di jalan. Selain itu semua yang terjadi sangat berkaitan antar satu dengan lainnya. Hal ini yang menyebabkan permasalahan sulit terselesaikan dan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk membenahi permasalahan yang ada. Dan juga diperlukannya dukungan dari semua pihak agar terciptanya sesuatu yang diharapkan serta dapat segera terwujud. Pembenahan dari hal sekecil apapun itu dapat mempengaruhi permasalahan yang terjadi. Hal yang paling berpengaruh besar dalam ketertiban berlalulintas di jalan yaitu kesadaran dalam berkendara. Kesadaran dalam berkendara juga diperlukan pembinaan dan pembimbingan. Tidak dapat langsung terwujud dari pribadi masing-masing dengan cepat. Maka pembenahan harus dilakukan dengan sesegera mungkin. Oleh sebab itu diperlukan pembinaan dan pembimbingan mengenai tata tertib serta keselamatan dalam berkendara di jalan dimulai sejak dini. Baik dilakukan oleh orang tua masing-masing dan dapat ju dimasukan ke sistem pendidikan di sekolah-sekolah. Dengan demikian akan terciptalah ketertiban berlalu lintas bersama dari semua pihak. Dengan kesadaran, secara otomatis masyarakat akan tertib dalam berlalu lintas. Selain itu juga diperlukan saana dan prasarana oleh aparat yang berkewajiban untuk menertibkan lalu lintas. Dan juga adanya perbaikan sarana dan prasarana lalu lintas. Sehingga dengan mudah tercibtanya ketertiban berlalu lintas. Dari semua itu akan banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh semua pihak, baik oleh masyarakat selaku pengguna jalan juga oleh aparat-aparat yang berwenang. Dengan demikian muncullah suasana yang menyenangkan dalam berkendara. Dan juga saat sedang berkendara akan merasa aman dan nyaman atar pengendara satu dengan lainnya. Serta permasalahan dalam berlalu lintas dapat ditekan sebanyak mungkin dan terhindar dari berbagi permasalahan. Hal inilah yang diharapkan semua pihak.

Demikianlah hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di jalan. Hal-hal tersebut yang menjadi perhatian banyak pihak baik aparat yang berwenang dan masyarakat selaku pengguna jalan. Dengan bersama-sama dalam menjaga ketertiban berlalu lintas dan kita perangi pelanggaran-pelanggaran berlalu lintas untuk terciptanya ketertiban dengan kesadaran dari masing-masing pihak. Serta dengan sistem yang modern dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang begitu pesatnya, dapat dimanfaatkan pada sistem lalu lintas. Hal tersebut sangat berguna sekali agar terwujudnya lalu lintas yang baik serta data-data yang ada mengenai lalu lintas dapat terpantau dengan mudah.

Dengan adanya perbaikan sarana prasarana lalu lintas, disiplinnya aparat yang bertugas, sistim yang baik dan modern serta kesadaran dari pengguna jalan. Maka terciptalah ketertiban berlalu lintas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar